Penting Rutin Service Motor Kesayanganmu - Ummi No Daidokoro Penting Rutin Service Motor Kesayanganmu

All about kitchen and healthy food

Dapur Ummi

Penting Rutin Service Motor Kesayanganmu

Penting Rutin Service Motor Kesayanganmu. Hayo siapa nih yang masih malas melakukan service motor secara rutin? Ayo hempaskan rasa malas itu sebelum motor kesayanganmu mogok! 

penting rutin service motor kesayanganmu

Ternyata motor itu seperti dapur juga lho, butuh perawatan juga. Jadi kalau kalian punya motor jangan dibiarkan kotor atau dibiarkan saja tidak pernah dicek kebersihan dan kesehatannya, bisa-bisa motor bakalan mogok di jalan karena sekarat. Kalau sudah mogok akan menghambat produktivitas juga, kan?


Pentingnya Rutin Service Motor untuk Kesehatan Motor Kesayanganmu


Nah, sebenarnya service motor rutin tuh kapan sih sebaiknya dilakukan? Rutin mengecek kondisi motor, biasanya dilakukan saat motor kesayanganmu sudah menempuh jarak tertentu. Bagian-bagian yang harus diperiksa ada beberapa bagian penting yang harus diperiksa antara lain memeriksa saluran bahan bakar, kondisi mesin, rem, throttle, oli mesin, oli gardan, dan ban. Untuk lebih jelasnya, apa saja yang perlu diservis pada sepeda motor, baca artikel ini, yuk!

Pertama, cek Kampas Rem

Berkendara yang aman dan nyaman adalah faktor penting untuk selalu diperhatikan. Salah satu bagian sepeda motor yang sangat berpengaruh terhadap keselamatan adalah sistem rem. Jika kampas rem tipis, rem akan memiliki daya cengkeram yang buruk dan dapat menyebabkan risiko kecelakaan. Ini adalah alasan penting mengapa penting untuk selalu memeriksa kondisi kampas rem kalian saat melakukan servis sepeda motormu. 

Kedua, cek oli

Nah, oli motor itu kan ada 2 jenis yaa, yaitu oli mesin dan oli gardan. Meski keduanya oli tapi fungsinya beda. Kalau kalian motornya motor matic, maka pilih oli motor matic, yaa

1. Oli Mesin 

Oli mesin berfungsi sebagai pelumas, pendingin dan pelindung mesin. Oleh karena itu, kalian perlu mengganti oli secara berkala sesuai dengan jumlah kilometer perjalanan yang disarankan pabrikan untuk mengganti rata-rata 2500 Km. Biasanya biaya yang harus kalian bayarkan sudah termasuk pembelian oli, harganya tergantung merek juga ya dan biaya pelayanan ganti oli.

Oli motor matic
Oli motor matic terbaik
Namun, dalam beberapa tahun terakhir, beberapa pabrikan/retailer otomotif dengan berani merekomendasikan penggantian oli hingga 5.000 km atau 2 kali lipat dari oli biasa. Memang oli yang mereka pasarkan menggunakan teknologi ester. Oleh karena itu, wajar jika retailer ini mengklaim mampu bertahan hingga 2x lebih lama dari oli biasa, karena sebenarnya ini adalah base oil tertinggi dari semua oli.

2. Oli Gardan

Pengguna sepeda motor bertransmisi matic sebaiknya rutin mengganti oli. Fungsi oli gardan adalah untuk melumasi roda gigi transmisi variabel kontinu atau continously variable transmition (CVT). Ganti oli gardan tidak banyak-banyak, jadi rumusnya itu setiap 2x ganti oli mesin maka diikuti dengan 1x ganti oli gardan.

Ketiga, cek busi

Busi adalah bagian atau bagian dari mesin yang mengubah energi listrik dari koil menjadi percikan api agar mesin dapat hidup. Penggantian busi diperlukan agar berfungsi dengan baik dan dapat menghidupkan mesin. Jadi, tentu saja cek busi menjadi sangat penting, kalau tidak dicek, bakalan mogok di jalan deh!

Keempat, cek saringan udara

Saringan udara berfungsi menyaring udara yang masuk ke ruang bakar untuk mencegah masuknya kotoran yang dapat menyumbat sistem injeksi dan karburator. Biasanya, pemeriksaan akan dilakukan sebelum mekanik memutuskan apakah filter udara masih bisa dibersihkan atau perlu diganti.

Kelima, cek baterai atau accu

Aki atau accu termasuk dalam baterai dengan jenis lead acid (asam timbal). Tegangan baterai aki yang ideal adalah antara 12,3 dan 12,6 volt dengan motor mati. Selama ini, jika mesin hidup, tegangan baterai antara 13,7 dan 14,2 volt. Oleh karena itu, jika tegangan aki tidak sesuai dengan peraturan ini, terlihat kebocoran, atau kondisi terminal berkarat, mau tidak mau, mekanik harus melakukan pemeriksaan terperinci. Kondisi aki sudah tidak layak pakai, maka aki harus segera diganti agar motor tetap nyaman digunakan.

Keenam, cek kondisi ban

Pengecekan kondisi ban juga sangat penting dan harus dilakukan secara rutin. Kalau saya selalu cek ban motor setiap kali mau keluar rumah menggunakan motor. Hal ini untuk antisipasi jika ban motor kempes dan sebagainya. 

Mengecek kondisi ban sebelum menggunakan sepeda motor ini penting dilakukan. Pada cek rutin ban, mekanik akan fokus pada pengecekan tekanan udara pada ban, kondisi ban secara keseluruhan, seperti apakah ban sudah berlubang atau tidak, jika ada kebocoran, maka ban perlu diganti. Begitu juga jika ban sudah mulai gundul sebaiknya diganti agar memberikan keamanan dan kenyamanan dalam berkendara.

Ketujuh, Tune up Rutin Motor

Service tune up motor adalah service rutin yang meliputi pemeriksaan seluruh komponen, terutama yang berkaitan dengan kinerja mesin secara keseluruhan. Pemeriksaan biasanya berfokus pada tekanan ban, kondisi pencahayaan, pembersihan karburator (saringan udara), pemeriksaan tegangan rantai, rem, dan klakson.

Terkadang tune-up disertai dengan penggantian oli mesin, penggantian oli gardan, atau penggantian suku cadang. Tapi tetap tenang, mekanik akan memberi tahu kalian sebelum melakukan penggantian spare part. Jika kalian setuju, maka mekanik akan melakukan perbaikan atau penggantian menyeluruh.

Tempat Bengkel Service Motor Terbaik

Nah, sekarang pertanyaannya, di manakah melakukan service motor?

Sini Ummi bisikin bengkel service motor terbaik. Kalau Ummi service motor di Planet Ban, dong.

Planet Ban
Planet Ban di Jalan Tentara Pelajar Bogor
Planet Ban ini lumayan deket dari rumah ummi, hanya 500 meter saja jaraknya. Berkali-kali service di sini emang tempat service terbaik dah, coba tanya sama yang sering service di sini, pasti mereka bilang Planet Ban adalah tempat service terbaik!

Kenapa begitu? karena ketika  kalian service motor kesayanganmu di Planet Ban, mesin motormu akan menjadi terasa baru lagi!

Manfaat Service Motor di Planet Ban

Ummi kasih tahu, ya. Service motor di Planet Ban itu menggunakan pelayanan service motor rasa baru atau pelayanan terintegrasi. Tujuannya adalah untuk meningkatkan performa dan daya tahan sepeda motor dengan lebih cepat, efisien dan efektif serta hemat biaya. 

Mengapa demikian?

Karena Planet Ban melakukan service yang berfokus pada perawatan motor khususnya pada bagian-bagian penting yang kurang terperhatikan dan kurang dilakukan perawatan.

Jadi apa manfaat perawatan Planet Ban?

  1. Service motor di Planet Ban menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi untuk meningkatkan kinerja mesin dan melindungi mesin. Otomatis mesin menjadi lebih awet (jarang rusak). Bila dipadukan dengan penggunaan suku cadang asli akan menghasilkan tarikan yang lebih halus, tahan lama, lebih dingin dan lebih ringan.
  2. Setiap kali motor menempuh jarak 5.000 km (kurang lebih 4 - 6 bulan pemakaian gitu lah), kalian baru mengganti oli. Hal ini membuat kalian hemat budget dan hemat waktu.
  3. Terus, service di Planet Ban itu membuat kalian otomatis telah berpartisipasi dalam menjaga dan melindungi lingkungan karena emisi dan polusi dari sepeda motor kesayangan kalin semakin berkurang.
  4. Motor kalian bakalan kinclong, glowing seglowing glowingnya, karena kotoran yang menempel pada motor semuanya dibersihkan dengan saksama kotoran, debu, sisa pembakaran yang tertinggal sudah dihempaskan dengan baik sehingga mesin motor menjadi rasa baru dong!
  5. Setelah perawatan,  mesin motor kesayanganmu jadi rasa mesin motor baru. Pastinya tarikannya juga lebih ringan, emisi turun 70% dan irit bahan bakar serta mesin menjadi bersih secara menyeluruh.  

So, pasti kalian sudah penasaran dengan biaya servicenya dengan manfaat yang begitu banyak ini.

Biayanya cukup terjangkau lho, service motor kesayanganmu di Planet Ban sekitar IDR19.900 sampai IDR20.000 per bagian motor. 

Asyik, kan. 

Kalau begitu, hempaskan kemalasanmu kisanak! Penting Rutin Service Motor Kesayanganmu. Segeralah bangun dan bawa motor kesayanganmu untuk service di Planet Ban. Jangan kelamaan, buruan, sekarang juga! 

Labels: Motor, Oli Motor Matic, Otomotif, Planet Ban

Thanks for reading Penting Rutin Service Motor Kesayanganmu. Please share...!

35 comments on Penting Rutin Service Motor Kesayanganmu

  1. Hihi emang perawatan motor itu udh kaya rutinan , ga bisa dibiarin kalau ga di servis takut ada apa2 ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya benar kak, harus rutin diservice supaya kondisi motor sehat terus

      Delete
  2. Mau cerita, motor saya pernah tabrakan dengan mobil, bikin bodi depan agak rusak meski ga rusak parah, bengkel terdekat ada Planet Ban, langsung dibantuin dong, karena itu jasa di luar bengkel, teknisi nya bilang aja berapa aja, baik banget emang teknisinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah ya mas, ketemunya sama teknisi baik. musibah bisa kapan saja terjadi yaa, tapi mendapat bantuan dari teknisi yang baik itu membuat kita terhibur ketika mendapatkan musibah, alhamdulillah

      Delete
  3. Servis motor emang harus rutin. Pengalamanku motor mogok di jalan gara-gara udah lama gak diservis, sangat menyiksa. Planet Ban mah deket rumahku juga ada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah pasti sengsara banget ya mbak, motor mogok di jalan. semoga gak terjadi lagi ya

      Delete
  4. Wah, aku mesti ngingetin suamiku nih mba buat service motor rutin juga. Soalnya yang pakai motor sehari-hari suamiku.. :) Seneng ya kalau ada tempat service yang berkualitas dengan harga yang terjangkau..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa bahagia banget bubu jadi bisa hemat waktu dan hemat pengeluaran

      Delete
  5. Penting banget emang buat servis motor, makasih reminder nya 👍

    ReplyDelete
  6. Perawatan motor memang banyak ya perintilannya. Makanya buat biker mesti jeli cek bagian mana aja yang udah ga maksimal fungsinya. Ke Planet Ban jadi solusi buat perawatan motor yg tiap hari digunakan.

    ReplyDelete
  7. Service motor jelas penting. Motorku aja terlewat service udah ga enak dipakainya. Pas dicek udah saatnya ganti oli dan lain lain

    ReplyDelete
  8. Punya kendaraan memang sebaliknya jangan hanya bisa membeli. Tetapi, juga harus rutin melakukan perawatan. Baiknya pilih Planet Ban karena udah bisa dipercaya. Apalagi buat saya yang gak paham otomotif. Memilih tempat yang bisa dipercaya udah terjamin beres,

    ReplyDelete
  9. Punya kendaraan bermotor, memang harus menyisihkan waktu dan dana, karena kan kita butuuuuh banget kendaraan bermotor ini! Masak ngga dirawat ya!

    ReplyDelete
  10. Hal penting yang perlu dipikirkan sebelum punya kendaraan adalah perawatan rutinnya. Supaya kendaraan yang dimiliki bisa awet, sehat dan lancar ketika digunakan. Planet Ban jadi rekomendasi yang bagus buat perawatan rutin motor ya mbak. Btw namanya planet ban, kalau ga dijelasin detailnya, aku mikirnya tempat jual ban aja, ternyata bisa buat perawatan motor :D

    ReplyDelete
  11. Nah umm biaya servica-nya jujur bikin kaget sih yaa. per part hanya sekitar IDR 20 K aja, itu mah gak bikin kita ketar ketir buat rajin service rutin ya gak sih. Planet Ban luar biasa ini idaman pemotor sak endonesah

    ReplyDelete
  12. bener banget kalau punya kendaraan itu tanggungjawa untuk bisa service rutin ya, karena jangan sampai nunggu sampai klimaks rusaknya si kendaraan tersebut karena jarang bahkan hampir gapernah service. Nah kalau planet ban memang andalanku sih, dekat juga dari rumah

    ReplyDelete
  13. Bener, kalau ga rutin akibatnya justru parah dan jadi keluar banyak, bengkel juga ga sembarangan. Pengalaman malah jadi boros karena ga bener kerjanya huhuhuhu

    ReplyDelete
  14. Oli itu ibarat darah yang dipompakan ke jantung, kalau pada tubuh manusia ya. Makanya keberadaan oli harus selalu dicek dan diperhatikan.
    Memang kalau rajin servis motor, kendaraan tuh jadi lebih awet

    ReplyDelete
  15. Perlu banget ini ganti Oli di Bengkel yang terpercaya dan pastinya juga dengan harga terjangkau kayak di planet ban ini

    ReplyDelete
  16. Service rutin untuk kendaraan bermotor itu penting banget, selain memang bikin awet mesin juga pasti dipakainya lebih enak ya mbak.

    ReplyDelete
  17. Aku pas belum ada matic, gak paham apa itu Oli Gardan. Lama gak ganti, terus diingetin pas service motor. Akhirnya sekarang mulai rutin deh karena kalau motor dirawat, pakainya juga nyaman

    ReplyDelete
  18. Sekarang udah bebas urusan motor nih karena motorku dipake suami. Jadi yang servis ya dia dan dia pernah servis di Planet Ban juga.

    ReplyDelete
  19. Waaah banyak juga yang harus dicek ya, mba. Memang pastinya kalau motor sering diservis mesinnya jadi terjaga, awet dan enak dipakainya. Pas banget, nih, kalau servis motor di planet ban, harganya juga affordable pelayanannya juga bagus.

    ReplyDelete
  20. Pasti ada manfaatnya yang didapatkan kalau rutin service motor, apalagi ga pakai lama kok service di Planet Ban yang ada di mana-mana cabangnya

    ReplyDelete
  21. Motor kesayangan emang harus dirawat ya kak. Salah satunya dengan rutin di servis setiap bulan di Planet Ban

    ReplyDelete
  22. Servis motor penting sekali kak.kalau lupa ga diservis bisa kenapa2 nantinya. Planet ban memang berkualitas dan terpercaya ya

    ReplyDelete
  23. Semakin familiar dengan logo Planet Ban.
    Jadi sekarang kalo perawatan atau servis rutin motor, carinya kudu bengkel terpercaya Planet Ban.

    ReplyDelete
  24. Aku juga langganan mba service motor di planet ban kemarin habis ganti oli juga ganti ban..ini deket rumah juga ada pelayanannya gercep dan rapi

    ReplyDelete
  25. Bener banget, harus rutin deh servis kendaraan bermotor mah. Biar bisa bekerja dengan baik dan awet. Tapi gak bisa sembarangan milih bengkelnya ya. Kudu bener-bener yang terpercaya kayak Planet Ban.

    ReplyDelete
  26. Iyaa, motor emang harus rutin juga ya diservis, supaya awet dan menghindari masalah di jalan raya. Soalnya emang enak banget sih biasanya setelah motor diservis tuh. Dibawa jadi enteng dan jadi kayak bawa motor baru lagi, ahaha

    ReplyDelete
  27. aku sekarang punya jadwal khusus untuk service motor. kebetulan Planet Ban itu sejalur sama jalur pulang kantor. jadi setiap awal bulan pulang kantor mampir buat ganti oli

    ReplyDelete
  28. Alhamdulillah rutin service motor, minimal ganti oli. Apalagi service motor bisa di Planet Ban. Jujur si dulu tahunya Planet Ban buat ganti ban saja, tetapi bisa ganti oli dan service kendaraan lainnya juga.

    ReplyDelete
  29. Aku juga meskipun seorang wanita, tapi suka service motor sendiri. Ya bulan ini sih belum karena lagi banyak butuhnya 😆

    ReplyDelete
  30. Aku sekarang kalo urusan service udah ga pusing lagi karena step2 ini bantu banget buat ngurutin apa aja yang perlu dicek kembali Mak

    ReplyDelete
  31. oli mesin paling penting agar motor tetap gesit :D

    ReplyDelete

Hai, selamat datang di dapur ummi dan salam kenal. Silakan sematkan komentar agar saya tahu artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Back To Top